Selasa, 26 Juli 2011

Menanam Satu Dapat Seribu


Pernah melihat sebutir padi di tanam? yang tinggal di perkapungan dan para petani pastinya pernah. Padi jika ditanam satu butir di kira-kira akan menghasilkan 10 batang padi, dimana setiap batang dapat menghasilkan sekitar 100 butir. Jadi jika kita menanam satu butir padi, maka kita akan memanen 1000 butir padi. perumpamaan hal tersebut dengan zakat, infak dan shadaqah. Dalam Al-Qur'an Allah pernah menyebutkan yang kira-kira inti ayatnya adalah jika kau menginfakkan hartamu di jalan Allah, bagaikan sebutir padi yang akan menghasilkan 10 batang padi dimana setiap batangnya berisi 100 biji padi.
Punya pengalaman nih, yang mungkin bisa diambil manfaatnya. Waktu akan lahiran sekitar setahun yang lalu, saya megalami berbagai hal yang cukup sulit. Waktu itu ada teman yang lagi membutuhkan uang untuk menyelesaikan kuliahnya, adek ipar yang harus menikah, karena sesuatu dan lain hal, pernikahan itu harus dilaksanakan dalam waktu secepatnya, dan sumber biayanya adalah keluarga kami, serta ironisnya lagi suami kehilangan laptop dan BB yang saat itu akan dijual kalau udah mendekati lahiran saat pulang dari kantornya. Uang tabungan lahiran langsung habis saat itu juga, malah tekor harus nombok dari gaji bulan berikutnya. Tapi kembali lagi, rezeki Allah itu ada dimana-mana, Allah menggantinya dengan berkali-kali lipat. Waktu hari H lahiran, kami mendapatkan dana secara tiba-tiba yang tidak terduga. Benar-benar tidak disangka-sangka. Saya bisa lahiran dengan selamat, dan alhamdulillah kami tidak perlu berhutang untuk itu.
Begitulah mungkin adanya kalau kita menginfakkan uang kita untuk orang-orang yang membutuhkan. Mungkin terpikir hal ini sulit, tetapi dengan janji Allah, yakinlah kita bukannya akan merugi, tapi kita menanam benih untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi.
Maka semuanya :
Marilah kita berzakat, karena dengan zakat hidup akan selamat
Marilah kita berinfak, karena dengan infak hidup akan terasa nik'mat
dan Marilah kita bersedekah, karena dengan sedekah hidup jadi berkah

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar